Bidang Sosbud & SDM

    Bidang Perencanaan Sosial Budaya Dan Sumber Daya Manusia

1.    Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia di pimpin oleh seorang kepala bidang yang mempunyai tugas membantu kepala badan perencanaan pembangunan daerah dalam melaksanakan perencanaan, penelitian, dan perkembangan di bidang sosial budaya dan sumber daya manusia yang meliputi perencanaan pembangunan kependudukan, pemerintahan, komunikasi, pendidikan, kebudayaan, kesehatan, kesejahteraan sosial, tenaga kerja, ketentraman dan ketertiban serta olahraga dan agama
2.    Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
a.    Pengkoordinasian dalam penyusunan rencana program kerja di bidang perencanaan pembangunan sosial budaya dan sumber daya manusia.
b.    Penyiapan, pengkoordinasian dan perumusan kebijakan teknis yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan sosial budaya dan sumber daya manusia.
c.    Pengkoordinasian dan pemaduan rencana pembangunan dibidang sosial dan budaya
d.    Penganalisaan potensi, peluang, tantangan dan permasalahan pembangunan di bidang sosial budaya dan sumber daya manusia.
e.    Pengkoordinasian penyusunan rencana tahunan pembangunan bidang sosial budaya dan sumber daya manusia.
f.    Penyiapan dan penyelenggaraan kegiatan perencanaan pembangunan bidang sosial budaya dan sumber daya manusia.
g.    Pelaksanaan pelaporan perencanaan evaluasi pembangunan bidang sosial budaya dan sumber daya manusia.
h.    Pelaksanaan penelitian dan pengembangan bidang sosial budaya dan sumber daya manusia.
i.    Penyiapan dan membantu terselenggaranya koordinasi dan sinronisasi dengan instansi terkait
j.    Pelaksanaan tugas lain yang di berikan kepala badan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya
3.    Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1) dan (2) bidang perencanaan sosial dan budaya terdiri dari :
a.    Sub Bidang Perencanaan Pemerintahan, Aparatur & Pemberdayaan Masyarakat
b.    Sub Bidang Perencanaan Kesehatan & Perlindungan Sosial


    Sub Bidang Perencanaan Pemerintahan, Aparatur & Pemberdayaan Masyarakat

1.    Sub Bidang Perencanaan Pemerintahan, Aparatur & Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas membantu kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia dalam penyiapan bahan dan penyusunan rencana program, penelitian, evaluasi serta pelaporan kegiatan di bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur dan pemberdayaan masyarakat.
2.    Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
a.    Pelaksanaan penyusunan rencana program kerja lingkup perencanaan pembangunan kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
b.    Penyelenggaraan bimbingan dan koordinasi dalam rangka perencanaan pembangunan bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban dengan instansi terkait.
c.    Pelaksanaan penyiapan serta mengikuti perkembangan penyusunan rencana program dan kegiatan di bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
d.    Mengindentifikasikan dan perumusan langkah pemecahan masalah terhadap pelaksanaan program dan kegiatan di bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
e.    Pengumpulan penyusunan dan penganalisaan data pembangunan di bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
f.    Pembuatan pelaporan secara periodik terhadap perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan di bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
g.    Penyiapan dan pembantuan terselenggaranya koordinasi dan sinkronisasi dengan instansi terkait.
h.    Pelaksanaan penelitian bidang kependudukan, pemerintahan, aparatur, hukum, komunikasi dan informasi, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban.
i.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

    Sub Bidang Perencanaan Kesehatan & Perlindungan Sosial

1.    Sub Bidang Perencanaan Kesehatan & Perlindungan Sosial mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia dalam penyiapan bahan dan penyusunan rencana program, penelitian, evaluasi serta pelaporan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
2.    Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
a.    Pelaksanaan penyusunan rencana program kerja lingkup perencanaan pembangunan pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
b.    Penyelenggaraan bimbingan dan koordinasi dalam rangka perencanaan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
c.    Pelaksanaan penyiapan serta mengikuti perkembangan penyusunan rencana program dan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
d.    Pengidentifikasian dan perumusan langkah pemecahan masalah terhadap pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
e.    Pengumpulan, penyusunan dan penganalisaan data pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
f.    Pembuatan pelaporan secara periodic terhadap perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, tenaga kerja dan perlindungan sosial.
g.    Penyiapan dan pembantuan terselenggaranya koordinasi dan sinkronisasi dengan instansi terkait.
h.    Pelaksanaan penelitian bidang pendidikan, kebudayaan, tenaga kerja dan kesejahteraan rakyat.
i.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.